atap genteng metal

4 Jenis Atap Metal Berkualitas untuk Bangunan Rumah Anda

Saat membangun rumah, tentu Anda perlu teliti dalam memilih material yang digunakan, termasuk material untuk atap. Hal ini dikarenakan atap memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi rumah beserta penghuninya dari hujan dan terik matahari. Salah satu material yang banyak digunakan untuk mendapatkan atap rumah yang kuat dan tahan lama adalah atap genteng metal.

Jenis Atap Berbahan Metal

Atap merupakan salah satu bagian eksterior rumah yang dipasang paling akhir. Selain sebagai pelindung rumah beserta penghuninya, atap juga bisa membuat tampilan rumah menjadi terlihat cantik. Maka dari itu, memilih jenis atap tidak hanya dari kekuatannya saja, tapi juga disesuaikan dengan konsep rumah yang sedang dibangun.

Atap berbahan metal menjadi salah satu jenis atap yang banyak digunakan, material metal dikenal memiliki kualitas yang bagus, cukup kuat, dan tahan terhadap beban berat. Jika Anda tertarik menggunakan atap berbahan metal, terdapat beberapa jenis yang bisa Anda temukan di pasaran.

Jenis atap berbahan metal ini terbuat dari bahan dasar logam yang berbeda-beda dan warna yang cukup bervariasi, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan fasad rumah. Beberapa jenis atap metal tersebut diantaranya adalah,

  1. Atap Standing Steam

Jenis atap standing steam paling banyak ditemukan di proyek-proyek komersial. Memiliki bentuk yang cukup khas yaitu satu garis lurus yang berjejer, sehingga memberikan kesan tampilan kontemporer. Atap jenis ini menggunakan sistem interlock yang membuat atap menyatu dengan rangka, sehingga tidak akan bergerak saat terjadi goncangan.

  1. Atap Stainless Steel

Atap stainless steel memiliki beban yang lebih berat jika dibandingkan dengan standing steam. Atap jenis ini juga memberikan perlindungan yang bagus, sehingga sangat cocok digunakan untuk rumah yang berada di wilayah dengan suhu ekstrem.

  1. Atap Galvalume Steel

Atap berbahan logam lainnya yang bisa digunakan adalah galvalume steel yang terbuat dari baja besi yang dilapisi aluminium dan seng. Atap genteng metal jenis ini cukup populer karena memiliki harga yang terjangkau, tetapi kualitasnya sangat bagus, tahan terhadap korosi, memiliki daya tahan yang kuat, tampilan metalik, dan berbagai variasi warna yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

  1. Atap Berpasir

Variasi baru dari atap berbahan metal adalah atap atau genteng metal berpasir. Atap jenis ini terbuat dari perpaduan bahan dasar zincalume, zinc phospat, coraltex, dan lapisan serbuk batuan.

Keunggulan genteng atap berpasir ini terletak pada kekuatannya yang tahan terhadap benturan, goresan, anti pecah, dan mampu meredam panas. Atap ini juga memiliki ukuran yang bervariasi serta ketebalan mulai dari 0,20 mm hingga 0,40 mm.

Itulah beberapa jenis atap genteng metal yang terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi jangan ragu untuk menggunakan atap berbahan metal karena sangat cocok untuk rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.