atap polikarbonat gelombang

Inilah Kelebihan dari Atap Polikarbonat untuk Bangunan Anda

Saat Anda mencari material sebagai penutup atap, maka Anda akan menemukan banyak pilihan yang tersedia. Akan tetapi, untuk atap transparan atau bening, pilihan yang tersedia sedikit dan biasanya didominasi oleh material kaca. Untungnya sekarang sudah ada alternatif lain yang bisa digunakan saat Anda akan memasang atap bening, yaitu atap polikarbonat gelombang.

Kelebihan Atap Polycarbonate

Jika Anda sedang mencari material pengganti kaca untuk atap bangunan, atap polikarbonat gelombang menjadi pilihan yang tepat. Atap ini merupakan material berjenis thermoplastic polymer yang bersifat ringan, transparan, tahan lama, dan tahan terhadap suhu ekstrem.

Oleh karena sifat-sifat atap polikarbonat gelombang tersebut, jenis atap ini sering digunakan untuk menyalurkan cahaya alami ke dalam bangunan. Selain itu, ada juga beberapa kelebihan lain dari atap polycarbonate, diantaranya adalah,

  1. Atap yang cukup kuat

Kekuatan atap polycarbonate tidak perlu diragukan lagi, bahkan sudah dilakukan pengujian bahwa atap dengan material polycarbonate ini bisa bertahan meskipun dilempar bola berbobot 4 kg dari ketinggian 9,5 meter, dan bola tersebut dilemparkan sebanyak 3 kali berturut-turut.

Oleh karena kekuatannya, material polycarbonate tidak hanya digunakan sebagai atap saja, tetapi juga digunakan sebagai jendela pesawat terbang, tameng polisi, dan kegunaan lainnya yang memerlukan material kuat.

  1. Kualitas kejernihan yang bagus

Kualitas kejernihan dari atap polikarbonat sangat bagus, bahkan bisa disejajarkan dengan kejernihan atap kaca. Atap jenis ini cukup direkomendasikan karena memiliki kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan atap bermaterial kaca ataupun akrilik. Dari segi bobot pun atap polycarbonate lebih ringan dari atap kaca, sehingga Anda bisa dengan mudah memasangnya serta menghemat biaya pemasangan.

  1. Mudah dibentuk

Selain ringan, atap polycarbonate juga mudah dipotong meskipun menggunakan peralatan biasa seperti gergaji tangan dan gerinda. Atap ini juga sangat mudah dibentuk menjadi lengkungan, sehingga pemasangannya bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda.

  1. Mudah dibersihkan

Kelebihan lainnya yang Anda dapatkan dengan memasang atap polycarbonate adalah mudahnya membersihkan atap jenis ini. Untuk membersihkan atap polycarbonate dari kotoran atau debu yang menempel, Anda hanya perlu menyemprotkan dengan air sabun kemudian usap dengan kain lembut.

Pastikan Anda tidak menggunakan benda tajam agar tidak menggores permukaan atap. Selain itu, Anda juga tidak boleh menginjak lembaran polycarbonate secara langsung agar tidak mudah rusak.

  1. Ramah lingkungan

Jika Anda ingin membuat bangunan dengan konsep green building yang peduli lingkungan. Maka atap polycarbonate sangat cocok dengan konsep bangunan Anda karena termasuk dalam material ramah lingkungan. Material polycarbonate juga mudah didaur ulang tanpa ada penurunan kualitas.

Itulah beberapa kelebihan dari atap polikarbonat untuk bangunan Anda. Jadi jangan ragu lagi menggunakan material polycarbonate sebagai atap bangunan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.