simak tips memilih vendor undangan pernikahan

Budget Nikah Terbatas? Ikuti 5 Tips Ini Saat Memilih Vendor Kartu Undangan Pernikahan

Mewujudkan pernikahan impian butuh biaya yang tidak sedikit. Banyak pos-pos pengeluaran yang butuh budget cukup besar, salah satunya untuk membuat kartu undangan pernikahan. Budget-nya bahkan bisa membengkak kalau kamu tidak cermat dalam memilih vendor dan desain. Buat kamu yang budget-nya terbatas, ikuti tips berikut ini saat memilih vendor kartu undangan pernikahan unik dan murah.

Cara Tepat Memilih Vendor Undangan Pernikahan

  1. Datang ke pameran pernikahan

Pameran pernikahan adalah acara yang mempertemukan antara vendor dengan para calon pengantin. Vendor yang terlibat pun bervariatif, mulai dari wedding organizer, catering, dekorasi, hingga vendor undangan pernikahan.

Dalam acara tersebut, kamu bisa survey harga dari berbagai vendor untuk dijadikan pertimbangan. Bahkan, beberapa vendor memberikan layanan konsultasi gratis untuk para calon pengantin dalam memilih undangan pernikahan. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan potongan harga saat mencari vendor dari acara pameran pernikahan.

  1. Buat daftar vendor undangan dan lakukan riset

Selain mengunjungi acara pameran pernikahan, kamu bisa mencari dan membuat list vendor undangan melalui internet. Tuliskan vendor undangan mana saja yang sesuai dengan konsep pernikahan dan budget yang kamu miliki.

Setelah itu, lakukan riset untuk mengetahui kualitas dan kredibilitas dari masing-masing vendor. Riset dapat dilakukan melalui internet atau sosial media. Selain itu, kamu bisa bertanya-tanya via telepon dengan pihak vendor mengenai harga dan fasilitas yang akan diperoleh.

  1. Minta referensi ke orang terdekat

Kamu bisa meminta referensi vendor kartu undangan pernikahan ke orang-orang terdekat. Namun, pastikan orang yang kamu mintai referensi sudah pernah menggunakan jasa tersebut. 

Saat meminta referensi, kamu tetap harus selektif sebelum menentukan pilihan. Jika vendor yang direferensikan tidak sesuai dengan yang kamu inginkan, maka tak ada salahnya mencari vendor lain yang lebih sesuai.

  1. Desain undangan sendiri

Buat kamu yang jago desain grafis, cobalah membuat desain undangan sendiri. Mendesain undangan custom sendiri bisa menghemat anggaran, karena kamu tak perlu membayar jasa desainer yang disediakan oleh pihak vendor.

Namun, jika kamu tidak memiliki skill di bidang desain grafis, sebaiknya jangan coba-coba. Daripada menyesal karena hasilnya tidak sesuai, percayakan desain undanganmu ke pihak vendor yang memiliki jasa desainer sendiri.

  1. Diskusikan dengan orangtua dan pasangan

Saat mencari vendor undangan pernikahan, kamu harus berdiskusi dengan orang tua dan pasangan terlebih dahulu. Tanyakan apakah mereka memiliki rekomendasi vendor yang bagus dan terpercaya. Selain itu, diskusikan pula soal pemilihan desain undangan.

Dengan menerapkan lima tips di atas, kamu akan lebih mudah menemukan vendor kartu undangan pernikahan yang profesional. Selain soal tarif, pertimbangkan pula estimasi waktu pembuatan undangan. Hindari memilih vendor yang tidak tepat waktu agar tidak mengganggu persiapan pernikahan kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.