coffee grinder

Ketahui 6 Cara Merawat Coffee Grinder yang Benar

Sebagai penikmat kopi, Anda pasti tahu pentingnya coffee grinder untuk membuat kopi yang nikmat. Namun, ketika terlalu fokus membuat kopi, kita sampai lupa bagian penting untuk merawat mesin kopinya. Padahal, mesin kopi selalu meninggalkan sisa-sisa kopi yang dibuat sehingga memengaruhi kualitas dan ketahanan mesin. Untuk itu, simak cara merawat mesin kopi berikut:

  1. Ganti Kertas Penyaring Kopi

Ingat untuk selalu mengganti kertas penyaring kopi yang telah dipakai.

Hal ini lantaran terkadang kertas penyaring yang tidak diganti tersebut akan meninggalkan noda membandel yang sulit dihilangkan.

  1. Cuci Teko Mesin Kopi

Cuci teko dan tutup teko setiap kali selesai digunakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas kopi dari setiap penggilingan tetap nikmat saat disajikan dan sekaligus menjaga kebersihan mesin.

Hindari menggunakan air yang terlalu dingin pada teko yang masih panas. Nantinya bisa memengaruhi kekuatan dari coffee grinder.

  1. Bersihkan Bagian Mesin yang Bisa Dilepas

Keluarkan setiap bagian mesin kopi yang bisa dilepas, seperti wadah filter. Anda bisa memegang gagang filter untuk membersihkannya. Kemudian bersihkan dengan sabun khusus yang tidak merusak mesin kopi dan keringkan hingga benar-benar tidak ada air yang tersisa.

Selain itu, disarankan untuk membersihkan filter setiap selesai digunakan. Hal ini agar kinerja dan ketahanan filter tetap terjaga.

  1. Bersihkan Ampas Pada Hopper

Sebelum melakukan pembersihan, keluarkan semua biji kopi yang ada dalam hopper sehingga saat melepas hopper tidak ada biji kopi yang berjatuhan.

Kemudian lepas hopper pada mesin dan putar baut pada bagian atas burr grinder hingga burr terlepas. Jika pad bagian burr tersebut ada sisa-sisa ampas kopi yang masih menempel silakan bersihkan dan bersihkan juga bagian atas burr mesin agar tidak tersisa lagi ampas kopi yang menempel.

  1. Cuci Dengan Campuran Air Cuka Atau Jeruk Nipis

Untuk bagian dalam mesin, sebaiknya bersihkan setiap sebulan sekali. Bagian dalam mesin kopi akan memengaruhi bagaimana cita rasa dan kesegaran kopi yang dihasilkan.

Seperti ketika Anda membersihkan bagian tangki air mesin kopi, Anda bisa membersihkan bagian dalam mesin kopi menggunakan campuran dari air bersih dengan cuka atau jeruk nipis. Bahan tersebut berguna untuk membersihkan noda kotoran atau minyak kopi yang tertinggal.

Setelah itu, nyalakan kembali dan tunggu beberapa saat, lalu isi kembali dengan air bersih. Hasilnya, bagian wadah dan bagian bawah mesin kopi akan bersih.

  1. Lap Dengan Air Hangat

Selain bagian dalam, bagian luar pun jangan lupa dibersihkan. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang sudah dibasahi air hangat.

Pastikan kain yang Anda gunakan bertekstur lembut agar tidak menggores mesin kopi. Bersihkan semua noda atau kotoran yang menempel di bagian luar mesin secara perlahan hingga kinclong.

Itulah cara merawat coffee grinder yang harus Anda terapkan agar mesin kopi tetap terjaga kualitasnya dan tahan lama digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.