besi h beam

Ini Dia Perbedaan Besi H Beam vs Besi WF

Jual Besi H Beam maupun WF merupakan dua material yang selama ini sering dianggap sama karena memiliki banyak persamaan, khususnya dari segi bentuk yang sama-sama berbentuk seperti huruf H. Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan keduanya.

Bentuk

Besi H adalah jenis profil baja yang berbentuk H. Profil ini terdiri dari dua sisi yang sama panjang dan bagian tengah yang lebih pendek. Bentuk tersebut menciptakan kekuatan yang optimal dalam berbagai aplikasi konstruksi. Struktur ini memungkinkan penumpuan beban yang kuat. 

Besi WF adalah jenis profil baja yang berbentuk seperti huruf I kapital. Profil ini memiliki bentuk yang berlawanan dengan H beam, dengan bagian tengah yang lebih panjang dan dua sisi yang sama panjang. Struktur ini menawarkan fleksibilitas dan kestabilan yang lebih baik. Ini juga memungkinkan untuk penumpuan yang lebih kuat dari beban yang berbeda-beda.

Bobot

Perbedaan selanjutnya antara besi H dengan besi WF adalah dari segi bobot. Besi H beam memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan besi WF. Hal ini membuat kekuatan tarik dan kekuatan tekan besi H lebih tinggi dibandingkan besi H yakni mencapai 400 Mpa. Karena itu, besi H lebih banyak digunakan untuk konstruksi besar.

Fungsi

Secara umum baik besi H maupun WF sama-sama banyak digunakan untuk konstruksi sedang hingga konstruksi besar. Tetapi jenis besi H lebih banyak digunakan untuk bangunan bertingkat hingga konstruksi jembatan. Sementara itu besi WF lebih banyak digunakan untuk bangunan perkantoran dan juga perumahan. Hal ini tidak terlepas dari kekuatan keduanya yang sangat berbeda

Besi H memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan besi WF dengan bentuknya yang lebih proporsional. Bentuk besi tersebut mempengaruhi daya kekuatannya untuk menopang beban dan menerima tekanan,

Harga

Dengan kekuatan yang berbeda, maka harga keduanya pun berbeda. Harga besi WF lebih murah dibandingkan besi H karena kekuatannya di bawah besi H. Karena itu, besi WF biasanya lebih banyak digunakan untuk kebutuhan perumahan dan lebih mudah dijumpai di toko bangunan.

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan besi H beam dan besi WF. Ternyata walaupun selama ini terlihat sama, material tersebut ternyata sangat berbeda. Semoga dengan informasi tersebut Anda dapat lebih mudah membedakan besi H dan besi WF.

Leave a Comment

Your email address will not be published.