gedung tinggi dengan beberapa lantai

Besi Beton Itu Apa Sih?

Siapa yang belum pernah mendengar tentang besi beton? Besi ini adalah bahan yang paling umum digunakan dalam proyek konstruksi bangunan. Di pasaran, besi ini juga dikenal dengan baja tulangan atau besi tulangan. Salah satu tujuan penggunaan beton bertulang dalam konstruksi bangunan adalah untuk mencegah retak dan patah akibat guncangan kecil ataupun besar. Ada dua jenis yang sering dijumpai di tempat jual besi beton berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu besi beton polos dan besi beton ulir.

Sejarah

Pada tahun 1850, seorang berkebangsaan Prancis bernama Joseph Monier menggunakan besi beton untuk pertama kalinya. Monier adalah seorang tukang kebun yang bereksperimen dengan pot bunga dan bak beton. Awalnya, Monier menggunakan tanah liat dan kayu untuk membuat pot, namun ia menemukan bahwa kedua bahan tersebut mudah rusak dan hancur oleh akar tanaman. Monier kemudian mencoba membuat bak beton dari bubur semen yang diperkuat dengan kawat besi paralel.

Eksperimen ini berhasil karena dengan menggunakan kawat besi dapat membangun struktur yang ringan namun kuat. Pada tahun 1867, Joseph Monier diberikan hak paten atas karyanya tentang kolam penyimpanan air yang dibangun dari beton yang dijalin dengan tulang besi. Monier merancang jembatan beton bertulang besi pertama, yang diselesaikan di Kastil Chazelet pada tahun 1875.

Definisi

Besi beton dengan penampang bulat disebut sebagai ‘concrete steel’ atau ‘rebar’ dalam bahasa Inggris. Besi beton juga dikenal sebagai baja tulangan atau besi tulangan di tempat jual besi beton pasar Indonesia. Karena penggunaannya yang luas dan peranannya yang sangat penting sebagai struktur bangunan atau rangka, dan juga besi merupakan bahan yang harus memenuhi kriteria SNI pemerintah agar keselamatan dan ketahanan bangunan terjaga.

Jenis Besi Beton Beserta Fungsinya

  1. Besi Beton Polos

Besi beton polos biasanya digunakan untuk proyek konstruksi sederhana hingga skala besar seperti jembatan, bangunan perumahan, dan jalan raya, dan digunakan sebagai besi siku untuk menghubungkan batang besi berulir untuk menghasilkan rangka beton.

  1. Besi Beton Ulir

Pencakar langit dan bangunan lain yang membutuhkan banyak daya tarik dibangun menggunakan besi ulir. Dalam produksi beton bertulang, besi cor juga digunakan sebagai tulangan utama. Alasan utama penggunaan batang sekrup ini adalah kemampuannya untuk mengait dengan kuat. Semua besi ini terdapat pada tempat jual besi beton.

Leave a Comment

Your email address will not be published.