atap baja ringan terbaik

Mengetahui Struktur Rangka Atap Baja Ringan Jakarta

Sebagai salah satu elemen penting dalam konstruksi atap sebuah bangunan, struktur rangka atap baja ringan terbaik Jakarta perlu diperhatikan dengan baik. Struktur rangka atap ini berfungsi untuk menopang bobot dan tekanan atap serta menyesuaikan konstruksi dengan struktur bangunan yang ada di bawahnya. 

Struktur Rangka Atap Baja Ringan 

Atap baja ringan terbaik memiliki struktur rangka yang berbeda dengan penggunaan atap dengan material kayu. Untuk menambah wawasan Anda, berikut struktur atap baja ringan terbaik yang perlu diketahui:

  1. Kuda-kuda

Kuda-kuda memiliki fungsi untuk menahan bobot baja ringan dan atap penutupnya. Komponen penyusun kuda-kuda terdiri dari top chord untuk menempatkan ring, bottom chord untuk tempat plafon serta web untuk memperkuat kuda-kuda agar bisa menopang beban dengan baik. Posisi Kuda-kuda ini biasanya berada di ujung tengah rangka atap. 

  1. Bracing

Bracing merupakan teknik untuk memperkuat sambungan antar bagian kuda-kuda agar menjadi satu kesatuan yang kokoh. Bracing digunakan sebagai pengikat struktur baja ringan agar rangka atap tidak mudah berubah atau bergeser. 

  1. Reng

Reng adalah struktur rangka atap yang posisinya berada tepat di bawah penutup atap. Fungsinya sebagai tempat dudukan sekaligus penyalur tekanan pada kuda-kuda

  1. Penutup Atap 

Selanjutnya ada penutup atap. Penutup atap pada material baja ringan terbagi menjadi dua yaitu genteng metal dan spandek. Penutup atap berperan sebagai pelindung dari berbagai macam kondisi cuaca, mulai dari hujan, panas, hingga angin kencang.

  1. Talang Jurai

Talang jurai merupakan sambungan antar bidang atap yang satu dengan yang lainnya. Pada umumnya, talang jurai diaplikasikan pada rumah-rumah yang memiliki lebih dari satu bentuk atap. Sambungan antar bidang ini biasanya ditutup dengan pemasangan talang air. 

Jenis Atap yang Cocok Untuk Penggunaan Baja Ringan

Terdapat beberapa jenis atap yang cocok untuk penggunaan baja ringan Jakarta, diantaranya:

  1. Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate merupakan  jenis atap pertama yang cocok diaplikasikan pada penggunaan rangka baja ringan. Atap jenis ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi terhadap segala jenis guncangan atau tekanan. 

  1. Atap uPVC

Atap uPVC memiliki desain yang mudah untuk dibentuk dan dipotong sehingga dapat dengan mudah disesuaikan dengan instalasi rangka baja ringan. Selain itu, atap uPVC juga sangat mudah untuk dirawat dan dibersihkan. 

  1. Atap Fiber

Jika Anda menginginkan atap transparan yang awet dan anti bising, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan atap fiber. Atap fiber sangat tahan terhadap bahan kimia sehingga memiliki resiko kerusakan yang cukup rendah. 

Itulah informasi mengenai struktur rangka atap baja ringan Jakarta beserta beberapa rekomendasi penutup atapnya. Anda bisa mengaplikasikan rangka atap baja ringan ini untuk kanopi garasi atau dapur dengan menggunakan jenis atap yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.