Keunggulan Atap Metal

Ini Dia Keunggulan Atap Metal Untuk Rumah Hunian

Atap merupakan salah satu bagian penting dari suatu bangunan sebagai pelindung dari panas dan hujan. Keunggulan atap metal saat ini menjadi salah satu pilihan atap yang cukup populer digunakan. Jenis atap ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan atap jenis lainnya. Apa saja keunggulannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Awet

Atap yang satu ini memiliki daya tahan yang bagus yakni bisa mencapai puluhan tahun. Ini karena atap dari bahan metal memiliki sifat anti pecah. Selain itu, jenis atap ini juga tahan terhadap rayap dan jamur sehingga tidak akan mengalami pelapukkan. 

Keunggulan atap metal lainnya, genteng ini juga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca seperti hujan, panas, dan angin. Jadi dengan menggunakan jenis atap ini, Anda tidak perlu khawatir atap pecah dan tidak perlu melakukan renovasi atap untuk jangka waktu yang lama.

Bobot Ringan

Jika dibandingkan dengan atap beton atau atap tanah liat, atap dari bahan metal memiliki bobot yang sangat ringan dengan bentuk berupa lembaran. Untuk lembaran genteng metal dengan luas 1 m persegi bobotnya hanya 7 kilogram. 

Sementara itu genteng dari bahan beton bobotnya dapat mencapai kilogram. Dengan bobot yang ringan juga membuat genteng ini mudah dipasang dan dipindahkan.

Cocok Untuk Daerah Rawan Gempa

Genteng metal menjadi pilihan yang tepat untuk daerah rawan gempa , Pasalnya atap tersebut dipasang dengan Teknik khusus yang membuatnya menyatu dengan rangka rumah. Jadi jika terjadi goncangan saat gempa, atap tersebut tidak akan rontok karena bergerak mengikuti rangka rumah.

Tersedia Banyak Pilihan Warna

Keunggulan atap metal tersedia dalam berbagai macam warna yang menarik. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih atap dengan warna yang sesuai atau senada dengan konsep rumah mulai dari rumah konsep modern minimalis hingga rumah dengan gaya tradisional maupun klasik.

Harga Terjangkau

Genteng metal juga menjadi pilihan tepat jika Anda mencari genteng dengan harga yang bersahabat. Anda hanya memerlukan beberapa lembaran genteng untuk mengakomodasi atap yang luas sehingga jika dikalkulasi biaya untuk atap tersebut akan lebih hemat. Selain murah dari segi harga, pemasangan genteng ini juga tidak memerlukan biaya yang besar karena proses pemasangannya lebih cepat.

Tahan Api

Genteng metal memiliki sifat tahan api karena terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar. Bahkan genteng ini dapat menahan panas hingga 1000 derajat Celsius sehingga sangat aman untuk digunakan dan dapat mencegah resiko kebakaran.

Tahan Korosi

Genteng metal biasanya terbuat dari baja galvanis atau aluminium. Hal ini membuat genteng tersebut tahan korosi sehingga membuatnya tidak mudah bocor dan juga tahan lama.

Demikian beberapa keunggulan atap metal untuk rumah hunian. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, maka genteng tersebut dapat menjadi pilihan tepat jika Anda saat ini sedang berencana melakukan renovasi atau membangun rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.