harga cetak kalender

Jenis Jenis Kertas Untuk Cetak Kalender

Apabila Anda berniat untuk membuat kalender, jangan hanya memperhatikan desain visual dan harga cetak kalender saja. Tapi perhatikan juga bahan yang akan digunakan untuk membuat kalender tersebut. Salah memilih bahan, tidak hanya membuat kalender jadi cepat rusak, juga berpengaruh pada penampilan kalender itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis bahan cetak kalender, yang dimaksud :  

  1. Kertas Art Carton 

Pilihan pertama bahan cetak kalender yaitu Art Carton. Bahan yang satu ini banyak dipilih, lantaran, mempunyai lapisan laminasi yang baik, baik itu doff atau juga glossy. Bahan yang satu ini, biasanya digunakan untuk membuat kalender meja atau disebut juga dengan kalender duduk. 

Selain itu, dari segi gramasi, bahan yang satu ini terbilang cukup tebal, membuat kalender jadi tidak mudah rusak. Ukuran gramasi akan menentukan harga cetak kalender, untuk bahan yang satu ini cukup bervariasi, mulai dari ukuran 190 hingga 20 gram. 

  1. Keras Art Paper 

Dari sisi penampilan, bahan yang satu ini terlihat mengkilap, lantaran efek glossy dari bahan tersebut. Secara tidak langsung, hal ini membuat penampilan kalender jadi terlihat lebih menarik, bahkan terkesan mewah. 

Kelebihan lain dari bahan yang satu ini, lebih tahan lama, tidak mudah terkena debu, dan pastinya ukuran gramasinya yang beragam (100 hingga 150 gram). Biasanya bahan yang satu ini digunakan untuk membuat kalender dinding dan cenderung lebih murah untuk harga cetak kalender nya.       

  1. Kertas Ivory 

Dilihat sepintas lalu, bahan yang satu ini, mirip seperti Art Carton. Namun jika kertas Art Carton, mempunyai permukaan yang halus di kedua sisinya. Maka pada kertas Ivory, hanya pada salah satu sisi saja. 

Ukuran gramasi, dari bahan yang satu ini sekitar 210 hingga 300 gram. Selain banyak digunakan sebagai bahan kalender, ternyata bahan yang satu ini juga sering digunakan sebagai bahan untuk paper bag, dus kemasan kosmetik, atau yang lainnya.    

  1. Kertas Matte Paper / Doff Paper 

Bahan yang satu ini, kebalikan dari kertas Art Paper. Lantaran permukaannya yang doff dan mampu meredam cahaya. Dari sisi ketebalan, terbilang tidak terlalu tebal dan berat, tepatnya sekitar 100 hingga 150 gram. 

Biasanya bahan yang satu ini banyak digunakan untuk membuat kalender dinding, dengan kesan tidak terlalu glossy

Demikianlah beberapa rekomendasi bahan cetak kalender, yang perlu Anda ketahui. Anda dapat memilih salah satu bahan yang dinilai tepat, dan sesuai kebutuhan pembuatan kalender itu sendiri.  

Leave a Comment

Your email address will not be published.