ice cream

Komponen Utama Ice Cream Machine

Pada cuaca panas, tentunya menikmati hidangan seperti es krim merupakan pilihan yang tepat. Kalian pasti pernah menemukan ice cream machine yang tersebar di pusat perbelanjaan maupun di gerai-gerai makanan cepat saji.

Perkembangan teknologi merupakan penggerak utama munculnya mesin-mesin ini. Alat ini membantu penyajian es krim menjadi lebih cepat, bahkan kalian dapat menemukan beberapa mesin yang dapat dioperasikan tanpa bantuan manusia. Kalian dapat membeli koin dan mendapatkan es krim yang kalian inginkan.

Tentunya sebagian dari kalian penasaran, bagaimana bisa es krim dibuat hanya dengan menggunakan mesin? Berikut adalah penjelasan komponen yang berperan penting dalam proses pembuatan es krim otomatis ini. 

Kondensor

Kondensor merupakan komponen utama pada mesin-mesin pendingin. Tidak hanya mesin es krim, kalian juga bisa menemukan kondensor pada kulkas, freezer, hingga air conditioner ruangan. Fungsi utamanya adalah untuk mengubah uap menjadi bentuk air.

Seperti yang kita ketahui, es krim merupakan produk beku. Oleh karena itu, mesin es krim dilengkapi dengan kondensor. Tujuannya adalah untuk membuang kalor atau panas yang ada dalam mesin dan mengubahnya menjadi bentuk cair yang dapat dimanfaatkan kembali untuk proses selanjutnya.

Peredam Suara

Sebuah mesin umumnya menghasilkan suara-suara yang mungkin kurang nyaman untuk didengar. Maka dari itu, sebagian besar ice cream machine dilengkapi dengan peredam suara. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga agar mesin tidak terlalu bising namun tetap beroperasi dengan maksimal.

Freezing Cylinder

Adonan es krim pertama akan melewati bagian ini. Adonan cair akan diaduk dengan bantuan mesin. Freezing cylinder ini dilapisi dengan cairan yang memiliki fungsi untuk menurunkan suhu adonan es krim agar dapat menghasilkan produk akhir.

Cairan pelapis di freezing cylinder ini memiliki karakteristik seperti campuran es batu dan garam kasar. Jika kalian pernah melakukan eksperimen pembuatan es krim di rumah, maka tentunya kalian mengerti bahwa campuran antara dua bahan ini dapat menurunkan suhu produk dengan cepat. Bedanya, pada mesin ini, cairan pelapis dihasilkan dari proses refrigerasi.

Mix Hopper

Bagian terakhir yang perlu kalian ketahui adalah mix hopper. Ini merupakan bagian yang dioperasikan dengan kompresor terpisah karena merupakan bagian penting yang harus terus beroperasi.

Ketika adonan es krim dimasukkan ke dalam mesin, maka mix hopper berfungsi untuk menurunkan suhu dari adonan tersebut untuk proses selanjutnya. Bagian ini juga harus terus menjaga suhu produk di bawah 5°C agar proses pembuatan es krim berjalan dengan lebih lancar.

Itulah bagian-bagian penting dari ice cream machine. Tentunya tiap mesin memiliki kapasitas pendinginan dan juga kapasitas produk yang berbeda. Tidak ada salahnya untuk mengetahui komponen penting yang bekerja dalam proses pembuatan es krim otomatis yang bisa kalian nikmati tiap hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.