mesin penggiling biji kopi berwarna coklat gelap

Tips Memilih Coffee Bean Grinder, Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Anda penyuka kopi? Sudahkah mempunyai coffee bean grinder di rumah? Keberadaan dari mesin inilah memang wajib dimiliki oleh para penikmat kopi. Terlebih lagi bagi Anda yang menyukai setiap proses dari pembuatan kopi agar lebih autentik.

Sebab kopi yang dibuat dari biji yang digiling memang mampu menghasilkan cita rasa yang lebih orisinal untuk setiap seduhannya. Oleh karena itulah banyak dari coffee shop memanfaatkan grinder atau mesin penggiling kopi untuk menyajikan minuman dengan kualitas yang bagus.

Tips Memilih Coffee Bean Grinder Terbaik

Kendati keberadaan dari mesin grinder memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang tetapi perlu diketahui bahwa menggiling kopi bukanlah hal mudah. Sebab mengubah biji kopi menjadi bubuk itulah membutuhkan teknik tersendiri sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang lezat.

Di samping itu, rasa dari kopi tersebut juga akan dipengaruhi oleh mesin grinder yang akan digunakan. Oleh karena itulah, bagi Anda yang akan membeli mesin ini maka pastikan ketahui dahulu beberapa tips berikut ini.

  1. Silahkan Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan

Dalam memilih mesin ini ternyata bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki. Biasanya mesin penggiling elektrik dirancang untuk menghasilkan berbagai jenis level gilingan pada kopi. Anda bisa menggiling biji kopi untuk menghasilkan espresso ataupun kasar menggunakan metode French press.

Kendati demikian, keberadaan dari grinder biasanya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda juga. Dimana terdapat mesin khusus untuk gilingan super halus ataupun menghasilkan kosistensi gilingan pada level medium to coarse.

  1. Cek Kapasitas Yang Ditawarkan

Selain memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan, Anda juga perlu kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda mempunyai usaha coffee shop dan ingin membuat lebih dari 100 gelas per hari, maka sebaiknya memilih grinder dimana mampu menampung biji kopi dalam jumlah banyak.

  1. Mudah Untuk Dioperasikan

Sebagian besar dari grinder biasanya dirancang dengan menggunakan berbagai macam fitur canggih didalamnya. Dimana fitur tersebut akan memberikan kepraktisan dalam proses penggilang kopi.

Tetapi sebaiknya anda memilih grinder yang menawarkan proses pengoperasian yang mudah. Cobalah memilih grinder yang mempunyai tuas pengaturan ukuran grind untuk menentukan tingkat kehalusan dari gilingan nanti.

  1. Mudah Proses Perawatannya

Jangan sampai anda sudah membeli mahal-mahal mesin penggiling tetapi ternyata proses perawatannya sulit. Sebaiknya pilih mesin yang menawarkan proses perawatan mudah. Terlebih lagi alat ini memang membutuhkan perawatan yang rutin.

Cobalah pilih grinder yang mudah untuk dibongkar pasang dan juga terbuat dari material berkualitas. Dengan begitu akan membuat mesin tersebut bisa awet lebih lama untuk menggiling kopi

Memiliki kedai kopi atau penyuka minuman kopi memang harus mempunyai keberadaan dari mesin grinder ini. Dengan menggunakan coffee bean grinder itulah, bisa menciptakan rasa kopi yang lebih autentik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.