Atap Multiroof Pasir

3 Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Atap Multiroof Pasir

Menghitung dengan tepat kebutuhan atap multiroof pasir mungkin saja tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ada cara mudah agar Anda bisa menghitung lembaran genteng metal pasir yang Anda butuhkan dengan cepat. Berikut rumus mudah dan cepat yang bisa Anda coba di rumah.

#1. Menghitung Luas Atap dan Bangunan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung luas atap dan bangunan rumah Anda dengan seksama. Hal ini sangat penting untuk dapat memastikan dengan tepat berapa total kebutuhan genteng metal pasir yang Anda butuhkan dengan tepat.

Sebagai contoh, Anda memiliki bangunan rumah dengan luas 7m x 10m. Sementara itu, bagian struktur atap (overstek) yang ada di sisi atap masing-masing adalah 0.5 m. Sedangkan perkiraan sudut kemiringan atap rumah Anda adalah 350. Dengan mengetahui luas bangunan dan struktur atap rumah Anda, maka Anda sudah dapat mulai menghitung total genteng metal pasir yang dibutuhkan. 

#2. Menyesuaikan Ukuran Genteng Metal Pasir

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan ukuran atap multiroof pasir dengan tepat. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa genteng metal pasir memiliki ukuran ketebalan yang cukup bervariasi. Anda hanya perlu menyesuaikan berapa lembaran genteng yang akan Anda pesan dengan kebutuhan bangunan rumah Anda.

Harga atap metal pasir di pasaran biasanya dijual per lembar. Pastikan Anda melakukan riset kecil sebelum membeli untuk mendapatkan harga terbaik. 

#3. Menghitung Kebutuhan Atap Metal Pasir

Pada umumnya, Anda bisa menghitung kebutuhan genteng metal pasir dengan menggunakan spesifikasi seperti berikut: luas nominal 0.7 m2, tipe klasik 10 daun, dan 1 meter persegi (1.3 lembar). Anda bisa menggunakan simulasi penghitungan berikut sebagai referensi.

Volume: L7= 8 m

             P 10 = 11 m

Hasilnya: 8 x 11= 88 meter persegi

Luas atap: 88/cos (35 = 107 meter persegi

Dengan penghitungan tersebut, Anda dapat mengetahui bahwa atap multiroof pasir yang Anda butuhkan untuk bangunan rumah Anda adalah 107 x 1.3 m = 139 lembar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.